Kamis, 14 Oktober 2010

Pasar Tradisional…Pasar atas Bukittinggi

Bukittinggi Kota Wisata”, kalimat ini merupakan slogan yang sangat terkenal di Bukittinggi sebagai kota memiliki julukan Kota Wisata. hal ini sangat wajar karena banyak obyek wisata yang terdapat di Bukittinggi. Baik wisata alam,wisata budaya, wisata rekreasi dan tentunya wisata belanja. Selama beberapa periode Bukittinggi telah menjadi tujuan wisata andalan di Propinsi Sumatera Barat. Pada umumnya, wisatawan merasa tidak lengkap jika berkunjung ke suatu tempat tanpa membeli cindera mata khas daerah, dan di Bukittinggi bukan hal yang sulit untuk menemukan tempat berbelanja, karena terdapat pusat pertokoan yang sangat terkenal, yaitu Pasar Atas.

Pasar Atas terdapat di pusat kota, berhadapan langsung dengan monumen Bukittinggi yaitu Jam Gadang. Selain itu, lokasi Pasar Atas snagat strategis sebagai kawasan wisata, karena dikelilingi oleh berbagai bangunan dan fasilitas rekreasi. Namun pada perkembangannya, Pasar Atas telah banyak mengalami kerusakan akibat kebakaran yang terjadi. Proses perbaikan dan renovasi yang dilakukan belum berhasil mengembalikan keadaan baik dari segi kondisi dan penampilan bangunan, serta sarana pendukungnya.

Penataan ulang kawasan yang telah dilakukan belum menyelesaikan masalah, seperti
penempatan pedagang kaki lima dan pengaturan arus lalu lintas, baik pejalan kaki maupun kendaraan bermotor, yang tidak teratur, dan kurangnya area parkir akibat keberadaan pedagang kaki lima. Permasalahan ditambah lagi dengan kondisi fasilitas pendukung yang kurang membuat Pasar Atas menjadi kurang menarik untuk dikunjungi, terutama oleh wisatawan.

Sebagai salah satu kawasan andalan kota Bukittinggi, Pasar Atas harus dapat menjadi ikon yang dapat dibanggkan oleh masyarakat, karena itulah penulis mencoba untuk merancang Pasar Atas sebagai sebuah Pasar Festival yang dapat berfungsi sebagai fasilitas komersial dan fasilitas rekreasi, dimana ruang-ruang luar menjadi unsur utama.

Dengan konsep baru diharapkan Pasar Atasdapat sepenuhnya menampung kegiatan perdagangan serta memberikan fasilitas rekreasi bagi masyarakat. Juga dapat menjadi unggulan wisata kota Bukittinggi yang menarik perhatian wisatawan domestik maupu internasional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar