Minggu, 24 Oktober 2010

Pulau cubadak



Pulau Cubadak yang namanya telah mendunia dan menjadi ikon Kabupaten Pesisir Selatan ini memiliki luas wilayah 5.749 km persegi dan berada 0-1.000 meter di atas permukaan laut. Dengan posisi memanjang dari utara ke selatan di bagian barat Sumatra Barat, Pesisir yang memiliki 218 km panjang pantai memang memiliki potensi di bidang pariwisata.

Pesona bahari yang dikoarkan pulau Cubadak di kecamatan Koto XI Tarusan yang masuk dalam kawasan wisata mandeh, mampu membuat para turis-turis lokal terlebih mancanegara kepincut berat dengan pulau yang berjarak 3 mil lepas pantai Carocok atau 24 mil lepas pantai Padang. Mereka yang sudah pernah menjamahi pulau ini menjuluki Cubadak sebagai Paradiso Village - "desa surga ".Kawasan Cubadak pada mulanya adalah bekas kawah dengan luas sekitar 40 km persegi. Pulau ini tidak berpenduduk, kecuali hanya segelintir rumah nelayan sebagai tempat persinggahan saat kemalaman melaut, dan dipenuhi hutan lebat. Sejumlah satwa burung dan binatang liar seperti monyet, rusa, babi hidup di sini.Panjang pantainya lebih 1,5 km dan lahan yang dikuasai pengelola Cubadak adalah sekitar tujuh hektar. Cubadak adalah surga para penyelam karena dasar laut yang mengelilingi pulau ini ditumbuhi terumbu-terumbu karang yang indah dan ikan hias warna-warni. Olahraga air sambil menikmati kesenyapan pulau ini bakal menimbulkan kerinduan yang akan membuat pengunjung ingin kembali lagi ke sini. Nah untuk membuktikannya rasanya Anda mesti berkunjung ke sana sendiri.

Alam yang masih perawan menimbulkan kesenangan bagi wisatawan yang mampir di pulau ini. Fauna berupa burung samah puti yang jinak-jinak merpati senantiasa menghiasi langit dan bungalo-bungalo di pulau Cubadak. Suara hutan yang khas juga menjadi andalan bagi pulau ini untuk menggaet sebanyak mungkin para wisatawan.
Yang menarik, semua fasilitas untuk aktivitas olahraga air, semua tersedia di sini. Cobalah untuk berkeliling pulau yang tak kalah mengasyikan. Atau olahraga sepakbola pantai atau voli pantai bersama rekan-rekan di sore hari saat pasang turun. Kegiatan lain yang tak kalah mengasyikannya adalah menjelajahi Pulau Cubadak yang luasnya sekitar 40 kilometer persegi. Maklum pulau masih memiliki hutan lebat dengan bukit runcing yang tidak begitu tinggi tapi memiliki tekstur berliku yang relatif aman untuk didaki. Keindahan pulau cubadak yang mungkin belum begitu banyak dikenal masyarakat Indonesia pada umumnya, namum dalam waktu dekat pulau Cubadak yang masuk dalam kawasan wisata Mandeh akan di sulap menjadi arena wisata bahari seperti di pulau bali. Selamat menikmati keindahan desa surga

1 komentar:

  1. Saya ingin ke p. Cubadak minggu depan. Apakah ada transport umum dari kota Padang menuju dermaga Pantai Carocok? Berapa biayanya? Krn harga transfer yg ditawarkan pengelola resort adalah 250ribu one way. Mohon infonya. Terima kasih

    BalasHapus