Senin, 25 Oktober 2010

Prediksi Gempa Padang Mentawai 8,9 SR Oleh Tim 9 Ahli Geologi


PETA LOKASI GEMPA PADANG SUMATERA BARAT -
Prediksi Gempa Padang Mentawai 8,9SR Tim 9. Masyarakat Jadi Resah Adanya InfoGempa Bumi 8,9 SR skala richter di Padang Sumbar dan Potensi Sunami yang disampaikan Tim 9 Ahli Geologi Terpercaya. Ulama Sumatera Barat, Buya Mas'oed Abidin mengimbau masyarakat untuk tidak resah menyikapi pemberitaan media tentang hasil penelitian para ahli geologi mengenai adanya prediksi gempa yang akan terjadi dengan kekuatan mencapai 8,9 skala richter (SR).

"Masyarakat tidak perlu resah menyikapi
prediksi gempa Padang tersebut dan seharusnya berterimakasih kepada media dan ahli yang telah menyampaikan informasi tentang adanya potensi gempa yang akan terjadi sehingga kita bisa lebih berhati-hati dan mawas diri menghadapinya," kata ulama Sumatera Barat, Buya Mas'oed Abidin di Padang, Rabu.

Hal tersebut disampaikannya terkait pemberitaan sejumlah media yang menginformasikan adanya potensi gempa besar akan terjadi di Sumbar yang dipaparkan oleh ahli geologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Danny Hilman Natawijaya pada acara kajian kebencanaan yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Selasa (12/10).

http://zulfadli.files.wordpress.com/2007/06/pantai-padang-004.jpg

Menurut Buya Maso'ed Abidin informasi dari ahli yang berwenang tentang potensi gempa tersebut harus disikapi dengan arif dan merupakan perkembangan ilmu pengetahuan yang perlu diapresiasi sehingga bisa menumbuhkan kesiapan menghadapi gempa jika terjadi.

"Masyarakat harus memahami musibah tidak mesti datang melalui gempa saja, jika memang ditetapkan akan terjadi musibah bisa terjadi dalam bentuk apapun, dan jika yang dikhawatirkan adalah ancaman kematian maka itu tidak perlu dipersoalkan karena kematian bisa datang kapan saja tanpa adanya gempa," lanjutnya.


Dikatakannya, yang perlu ditumbuhkan adalah sikap kehati-hatian seandainya gempa datang masyarakat bisa lebih tenang menghadapinya sehingga korban jiwa dan kerusakan bisa diminimalisir.

"Tidak bisa di pungkiri Sumatera Barat merupakan daerah yang rawan gempa karena dilalui lempeng dan patahan yang sewaktu- waktu bisa bergeser sehingga menimbulkan gempa, karenanya dituntut kearifan terhadap ilmu pengetahuan dan tanda-tanda alam," kata dia.

Di Minangkabau, lanjut Buya Mas'oed juga dikenal falsafah alam takambang jadi guru yang berarti orang minang telah ditanamkan nilai untuk senantiasi berguru kepada alam yang banyak memberikan pelajaran berharga.

"Kita berharap gempa tersebut tidak terjadi , namun jika memang musibah gempa tersebut akan terjadi mari kita sama-sama berdoa agar Allah tidak mendatangkan musibah diluar kesanggupan kita untuk menghadapinya," lanjut dia.

Kepada pemerintah, Buya Maso'ed berharap agar mendidik dan menyosialisasikan pada masyarakat tentang bagaimana langkah-langkah yang harus diambil jika gempa terjadi agar lebih siap sehingga meminimalisir terjadinya korban jiwa. antara-sumbar.com

gempa bumi, gempa bumi padang sumbar, gempa mentawai, gempa bumi padang 8,9sr, ancaman sunami terbaru,
prediksi gempa padang sumbar 8,9 sr, potensi gempa jakarta, gempa bumi di jakarta, gempa indonesia terbaru, penyebab gempa bumi di indonesia, gempa jakarta terbaru 2011, prediksi terjadinya gempa di jakarta 9sr, kapan gempa bumi jakarta 9 sr akan terjadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar